LKPD-11.12. Sub Bab : Pengamatan Sel Secara Mikroskopis

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu untuk melakukan dan menyusun laporan hasil penyelidikan sel secara mikroskopis.

Pendahuluan :

Ada beberapa metode yang digunakan para peneliti untuk melakukan penyelidikan tentang seluk beluk sel. Setiap metode memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Beberapa metode yang digunakan peneliti di bidang sitologi untuk mempelajari sel antara lain : 1). Metode mikroskopi; 2). Metode biakan sel; 3). Metode fraksinasi sel dan isinya; 4). Teknik DNA Rekobinan; dan 5). Metode pelacakan molekuler seluler dengan radioisotop dan antibodi (Subowo,2006).

Metode mikroskopi merupakan salah satu metode yang dapat anda gunakan untuk mengamati sel. Menurut anda, apakah kesulitan yang bisa dihadapi ketika menggunakan mikroskup untuk mengamati sel ? Apakah anda dapat mengamati struktur sel menggunakan mikroskup yang ada di sekolah ?  Apakah struktur sel yang anda amati akan terlihat jelas ?

Untuk mengetahui jawabannya, ayo lakukan kegiatan berikut !

Kegiatan Inti :

Alat dan Bahan :

Untuk melakukan pengamatan sel bawang menrah menggunakan mikroskup, bahan yang perlu anda siapkan sendiri adalah : 1 buah bawang merah segar, kertas tisu, pisau, alat tulis.

Mikroskup dan perlengkapan lainnya seperti kaca obyek, kaca penutup, air dan metilin blue 0,25% di sediakan di laboratorium sekolah.

Prosedur kerja :

1.Potonglah bawang merah secara membujur, kemudian ambillah lapisan terluar dari jaringan kulit bawang merah (pastikan sangat tipis)

2.Letakkan jaringan tersebut di atas kaca obyek, lalu teteskan larutan metilin blue 0,25% ke atasnya. Kemudian tutuplah menggunakan kaca penutup (pastikan tidak ada gelembung udara).

3.Amati preparat menggunakan mikroskup yang telah disediakan. Gunakan perbesaran yang paling kecil dulu untuk bisa menemukan obyek sel. Kemudian gambarlah sel-sel yang teramati (itulah jaringan epidermis bawang merah). Berikan keterangan bagian-bagian yang bisa teramati.

4.Setelah selesai langkah no. 3. Gunakan perbesaran yang lebih besar untuk memfokuskan pada sebuah sel. Kemudian gambarlah sebuah sel bawang merah. Berikan keterangan bagian-bagian yang bisa teramati.

5.Sajikan hasilnya dalam bentuk seperti berikut ini !

Hasil Pengamatan :

Tabel 1. Hasil Pengamatan sel epidermis bawang merah (Allium cepa)

Analisis hasil Pengamatan :

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !

1.Bagian-bagian sel apa saja yang teramati saat anda melakukan pengamatan ?

2.Apakah pada saat pengamatan anda menemukan adanya nukleus? Jika tidak menemukan, apa yang menyebabkannya ?

3.Apa fungsi sel epidermis pada bawang merah tersebut ? Apakah fungsi ini sama dengan sel epidermis pada tumbuhan yang lain ? Dan apakah sama dengan fungsi jaringan epitel pada hewan dan manusia ? Jelaskan jawaban anda !

Penutup :

Rumuskan kesimpulan anda berdasarkan hasil penyelidikan yang telah anda lakukan.

……………………………………………………………………………………

Refleksi diri :

Jawablah dengan jujur sesuai yang anda rasakan :

1.Apa yang anda dapatkan dari kegiatan belajar kali ini ?

2.Apa yang anda rasakan pada saat dan setelah melakukan kegiatan belajar kali ini ?

3.Apa yang anda pikirkan saat ini ?

4.Apa yang akan anda lakukan setelah melakukan kegiatan belajar ini ?

Laporan Hasil Penyelidikan :

Buatlah laporan tertulis hasil penyelidikan anda kali ini dengan ketentuan sebagai berikut :

1.Satu kelompok membuat satu laporan tertulis.

2.Format laporan meliputi : 1.Judul, 2.Tempat dan waktu pelaksanaan, 3.Dasar teori, 4.Alat dan bahan, 5.Cara kerja, 6.hasil pengamatan, 7.Pembahasan hasil dan 8.kesimpulan. Serta Daftar pustaka. 

Catatan :

contoh laporan hasil praktikum bisa anda lihat melalui internet).

Dasar teori bisa anda lihat di : https://ebiosma.blogspot.com/2023/06/struktur-sel-tumbuhan-bawang-merah.html

Sumber : Fajar dkk,2021,Penuntun Praktikum Biologi Sel untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi S1 dan Pendidikan IPA S1,Yogyakarta,Mirra Buana Media 

Posting Komentar

0 Komentar