Judul :
KEANEKARAGAMAN
GENETIK VS KEANEKARAGAMAN SPECIES
Pengantar :
Keanekaragaman
Hayati (biodiversitas) menunjukkan
keseluruhan variasi baik ciri, sifat, bentuk, penampilan, jumlah yang ditemukan
pada mahkluk hidup baik yang hidup liar di alam sampai yang dibudidayakan oleh
manusia.
Keanekaragaman
mahkluk hidup ini disebabkan oleh adanya keanekaragaman materi genetik sebagai
pengendali sifat mahkluk hidup.
Keanakeragaman
hayati dapat kita lihat pada tiga (3) tingkatan, yaitu : tingkat genetik,
tingkat species dan tingkat ekosistem.
Pertanyaan
nya adalah :
Bagaimana
kita bisa membedakan tingkat keanekaragaman hayati tersebut ?
Apa
contoh masing-masing tingkat keanekaragaman hayati tersebut ?
Tujuan :
Setelah
melakukan kegiatan pembelajaran dengan model discovery Learning, peserta didik
diharapkan memiliki kemampuan untuk Mendeskripsikan perbedaan tingkatan
keanekaragaman hayati dan memberikan contoh keanekaragaman hayati pada
masing-masing tingkatan setelah melakukan kegiatan pengamatan mahkluk hidup
yang ada di sekitar tempat tinggalnya.
Alat dan Bahan :
Manusia
(siswa dalam kelas), penggaris, alat tulis, kamera/HP, dll.
Media :
Gambar,
manusia,Lcd Proyektor,smarphone,laptop,lingkungan.
Sumber Belajar :
Ratna
Ayuk,dkk,2021,Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas
X,Jakarta,Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik
Indonesia.
Linawati,Dadi,2022,Pendalaman
Buku Teks Biologi SMA kelas X,Jakarta,Yudhistira
http://canadianbiodiversity.mcgill.ca/english/theory/threelevels.htm
Langkah-langkah
Kegiatan :
1).Bentuklah
kelompok kerja yang terdiri atas maksimal 6 peserta didik.
2).Lakukan
pengamatan ciri morfologi pada semua anggota kelompok. Dengan mencermati :
bentuk mata, bentuk hidung, bentuk wajah/muka, tipe kulit (skin type), jenis
rambut, tinggi badan/berat badan, dll.
3).Sajikan
hasilnya dalam bentuk tabel (seperti contoh/atau anda bisa mengkreasikan tabel
sendiri).
Hasil Kegiatan :
Tabel 1. Variasi ciri-ciri morfologi manusia pada SMA N 1 Bawang kelas X
Diskusi :
Berdasarkan
data hasil pengamatan , diskusikan beberapa pertanyaan/permasalahan berikut ini
!
a.Apakah
ditemukan adanya variasi ciri morfologi pada individu yang diamati ? Jelaskan
jawaban anda !
b.Variasi
ciri pada individu yang anda amati merupakan contoh keanekaragaman hayati
tingkat yang mana ? Jelaskan Jawaban anda !
c.Cermati
gambar berikut !
Gambar di atas menunjukkan bahwa famili Hominidea terdiri
atas beberapa species yaitu : manusia, Bonobo, Chimpanzee, gorilla dan orang
utan. Ini merupakan salah satu contoh keanekaragaman Species/jenis.Coba anda
bandingkan dengan variasi ciri pada individu manusia yang anda amati tadi. Apa
perbedaannya ? Jelaskan jawaban anda !
d.Coba anda cari contoh lain dari kelompok mahkluk hidup yang
menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat genetik, keanekaragaman hayati
tingkat species.
Kesimpulan
:
Rumuskan , apa kesimpulan anda.
0 Komentar