Pengantar :
Dalam klasifikasi sistem lima kingdom, mahkluk hidup yang ada di bumi
ini dikelompokkan ke dalam 5 kingdom (kerajaan), yaitu : Animalia, Plantae,
Fungi, Protista dan Bakteria.
Tumbuhan yang hidup di atas bumi ini dimasukkan ke dalam kingdom plantae
dengan ciri utama antara lain : mereka adalah mahkluk multiseluler dengan tipe sel eukariotik
dan memiliki kloroplas yang di dalamnya terkandung klorofil sehingga mereka
mampu melakukan fotosintesis dan bersifat autotrof.
Bagaimana pengelompokkan tumbuhan dilakukan pada tingkatan takson yang
lebih rendah dari kingdom (seperti divisio, kelas, ordo, familia, genus hingga
species) ?
Untuk mengetahui lebih lanjut, ayo lakukan kegiatan berikut ini !
Topik :
Identifikasi dan Pengelompokan Tumbuhan
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat mengamati tumbuhan di lingkungan sekitar, mengidentifikasi
ciri-ciri tumbuhan berdasarkan kunci determinasi, serta mengelompokkan tumbuhan
berdasarkan karakteristik morfologi dan anatominya.
Alat dan Bahan:
a. Buku catatan
b. 9 jenis tumbuhan yang berbeda (lumut hati, lumut daun, paku suplir,
salak, padi, jagung, jeruk, mangga).
c. Kamera/ponsel (untuk mendokumentasikan tumbuhan)
d. Kunci determinasi tumbuhan sederhana
e. Alat tulis
Langkah-langkah Kegiatan:
1.Berkelompoklah (3-4 siswa per kelompok) dan lakukan pengamatan morfologis
terhadap 9 jenis tumbuhan yang telah anda bawa.
2.Perhatikan sistem perakarannya (apakah serabut, atau tunggang atau
lainnya). Amati batangnya (apakah keras, lunak, bercabang). Amati daunnya,
apakah pertulangan daunnya menyirip, menjari, atau lurus). Amati juga ciri
lainnya yang bisa anda temukan seperti bunga, bijinya dll.
3. Catat hasil identifikasi anda lalu sajikan dalam bentuk tabel seperti
contoh berikut (anda bisa mengkreasikan bentuk tabel yang berbeda)
4. Pengelompokan:
Setelah mengidentifikasi tumbuhan, kelompokkan tumbuhan-tumbuhan tersebut berdasarkan karakteristik tertentu
yang anda inginkan.
Refleksi dan Diskusi:
a.Apa yang anda pelajari dari kegiatan pengamatan ini?
b.Apakah ada tumbuhan yang sulit diidentifikasi? Mengapa?
c.Bagaimana pengelompokan tumbuhan dapat membantu kita memahami
keanekaragaman hayati.
Penilaian:
Kriteria Penilaian:
Ketepatan identifikasi (30%)
Kelengkapan dan kerapian pengamatan dan dokumentasi (40%)
Keaktifan dalam diskusi dan refleksi (30%)
Catatan Guru:
Setiap kelompok wajib menyerahkan laporan tertulis hasil identifikasi
dan pengelompokkannya.
0 Komentar