Kegiatan Pembelajaran : Pelestarian Keanekaragaman Hayati Di Indonesia

 

Pengantar :

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati tertinggi ke-2 dunia setelah negara Brasil. Beberapa di antaranya merupakan flora dan fauna endemik yang hanya ada di Indonesia.

Namun sayang, flora dan fauna endemik ini semakin lama semakin berkurang populasinya karena berbagai penyebab. Bahkan beberapa diantaranya dinyatakan sebagai flora atau fauna yang semakin langka dan bahkan terancam punah.

Bagaimana kondisi keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia dan apa solusi untuk menjaga agar keanekaragaman hayati di Indonesia tetap lestari ?

Tujuan :

Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, diharapkan peserta didik memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan, memprediksi dan merumuskan solusi pemecahan masalah kelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia

Prosedur :

Bentuklah kelompok diskusi dalam kelompok kecil (3-4 peserta didik). Kemudian Lakukan kegiatan berikut secara berurutan tahap-demi tahap. Dokumentasikan hasilnya dalam buku catatan anda masing-masing.

Tahap 1.

Bacalah intisari artikel yang berjudul Populasi Bertambah, Kamera Pengintai Rekam 58 Badak Jawa Pada Tahun 2013 (ditulis oleh Indra Nugraha).
Hasil
monitoring badak Jawa tahun 2013 menyebutkan jumlah populasi sebanyak 58 ekor yang jumlahnya meningkat dari 2 tahun sebelumnya, dimana tahun 2012 populasi badak berjumlah 51 ekor dan tahun 2011 berjumlah 35 ekor. Monitoring ini dilakukan dengan 120 camera trap sehingga selain jumlah, dinamika populasi dan interaksi badak jawa dengan spesies lain juga dapat diamati. Data monitoring ini akan menjadi acuan dalam pengembangan second habitat untuk badak Jawa.
Untuk membaca detail artikel ini silahkan anda mengakses link :
https://www.mongabay.co.id/2014/03/04/populasi-bertambah-kamerapengintai-rekam-58-badak-jawa-pada-2013/

Berdasarkan artikel tersebut, diskusikan dengan teman kelompok anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
a. Deskripsikan dalam bentuk grafik bagaimana populasi spesies badak Jawa selama 5 tahun terakhir ?
b. Berdasarkan informasi pada artikel tersebut, buatlah prediksi badak Jawa pada 20 tahun mendatang !
c. Apakah solusi yang dapat anda tawarkan untuk mengatasi penurun populasi badak Jawa ?

Tahap 2

Seseorang peneliti melakukan penelitian untuk menentukan status suatu hewan endemik dalam keadaan langka atau tidak. Untuk itu peneliti tersebut harus menghitung populasi hewan tersebut di alam bebas. Pilihlah benar atau salah aktivitas yang dilakukan oleh peneliti tersebut!

Kesimpulan :

Rumuskan kesimpulan anda mengenai kondisi terkini keanekaragaman hayati Indonesia, prediksi di masa datang (10-25 tahun mendatang) dan juga solusi mengatasi permasalahan ancaman terhadap kelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar