Tujuan Pembelajaran :
Melalui pengamatan gambar/foto tentang sel dan diskusi kelompok , anda
diharapkan mampu untuk mendeskripsikan ukuran dan struktur sel secara umum.
Pendahuluan :
Tentu anda masih ingat materi sel sewaktu Anda belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas VIII SMP. Pemahaman Anda tentang materi sel tersebut serta keterampilan menggunakan mikroskop diperlukan sebagai dasar untuk mempelajari materi sel. Coba anda cermati gambar berikut !
Tahukah Anda, itu gambar apa? itu adalah mikrograf (gambar yang diambil melalui mikroskop) sel bakteri Streptococcus pyogenes (berwarna kuning) yang berada di permukaan sel darah putih/neutroil (berwarna biru).
Berdasarkan
jumlah sel penyusunnya, apakah Streptococcus
pyogenes tersebut
termasuk organisme uniseluler atau multiseluler?
Berdasarkan
keberadaan membran inti sel, apakah bakteri termasuk organisme prokariotik atau eukariotik?
Gambar tersebut
merupakan hasil pemindaian mikroskop
elektron (Scanning
Electron Microscope/SEM)
(https://phil.cdc.gov/details.aspx?pid=10068). Penggunaan SEM untuk mengamati
bakteri menjadi pilihan para ilmuwan di laboratorium riset. Dapatkah kita memperoleh
visualisasi gambar Streptococcus
pyogenes dengan resolusi
gambar seperti Gambar di atas jika
melakukan pengamatan menggunakan mikroskop cahaya? Mengapa demikian?
Bagaimana
jika objek pengamatan kita adalah sel hewan dan sel tumbuhan, apakah struktur
sel dan organel sel dari sel hewan dan sel tumbuhan dapat kita amati dengan
jelas menggunakan mikroskop cahaya? Mengapa demikian?
Untuk
mengetahui jawabannya, ayo lakukan Kegiatan
berikut !
Kegiatan
Inti :
Aktivitas 1.
Kita tahu
bahwa semua organisme terdiri atas sel. Diketahui bahwa ada berbagai jenis
organisme, namun demikian komponen dasar sel yang membentuk organisme relatif
sama. Apa komponen dasar yang dimiliki sel tersebut? Selain itu, ukuran sel,
yang disebut sangat kecil (mikroskopis), adalah karakteristik lain yang umumnya
terkait dengan sel. Apakah begitu? Untuk menjawab rasa ingin tahumu, ayo cermati
gambar berikut !
Gambar 1.2 menunjukkan perbandingan kisaran ukuran objek pengamatan (mulai dari atom sampai dengan pohon pinus raksasa), alat untuk mengamati objek yang diamati (mikroskop elektron, mikroskop cahaya, dan mata), serta satuan unit pengukuran. Setelah Anda mengamati Gambar 1.2, coba diskusikan hal-hal berikut dengan anggota kelompokmu!
1. Objek
pengamatan yang tidak dapat diamati menggunakan mikroskop cahaya,adalah….
2. Objek
pengamatan yang dapat diamati tanpa menggunakan mikroskop, adalah….
Jika Anda telah menemukan jawaban dari masalah tersebut, tuliskan jawabannya pada buku anda masing-masing. Presentasikan jawaban kelompok Anda pada saat diskusi kelas!
Untuk menguji
pemahaman Anda tentang kisaran ukuran sel organisme, coba kerjakan Latihan berikut
secara mandiri!
Aktivitas 2.
Kerjakan
tugas berikut dengan bekerja sama bersama kelompok belajarmu!
Sitologi
menjadi salah satu ilmu yang semakin penting di abad ke-21. Mengapa sitologi
menjadi salah satu cabang ilmu biologi yang semakin penting? Untuk
mengetahuinya, Anda dapat membaca artikel terkait hasil penelitian di bidang
sitologi.
Untuk membaca detail artikel ini silahkan Anda mengakses tautan: https://bit.ly/pemeriksaansitologi
Artikel
tersebut meng informasi kan bahwa beberapa peneliti di Indonesia
mengaplikasikan konsep di bidang sitologi untuk mendeteksi kanker secara dini.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat berdasarkan artikel tersebut!
1. Tuliskan
judul artikel yang Anda baca dan sumber artikelnya!
2. Setelah
membaca artikel tersebut, menurut Anda apakah para peneliti menggunakan satu
metode atau beragam metode ketika melakukan penelitian di bidang sitologi?.
3. Lakukan
aktivitas ini dengan teman-teman dalam kelompok Anda. Kemukakan jawaban
kelompok Anda pada saat diskusi kelas!
Penutup :
Rumuskan Kesimpulan anda :
…………………………………………………………………………
Refleksi diri :
1.Apa yang anda dapatkan dari kegiatan belajar kali ini ?
2.Apa yang anda rasakan selama dan setelah melakukan
kegiatan belajar kali ini ?
3.Apa yang anda pikirkan saat ini ?
4.Apa yang akan anda lakukan setelah ini ?
Sumber Pustaka :
1.Buku Panduan Guru Biologi SMA/MA kelas XI Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi 2022
2.Buku Siswa Biologi SMA/MA kelas XI Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi 2022
0 Komentar