LKPD-11.11. Subbab : Ukuran dan Struktur Sel

Tujuan Pembelajaran :

Melalui pengamatan gambar/foto tentang sel dan diskusi kelompok , anda diharapkan mampu untuk mendeskripsikan ukuran dan struktur sel secara umum.

Pendahuluan :

Tentu anda masih ingat  materi sel sewaktu Anda belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas VIII SMP. Pemahaman Anda tentang materi sel tersebut serta keterampilan menggunakan mikroskop diperlukan sebagai dasar untuk mempelajari materi sel. Coba anda cermati gambar berikut !

Tahukah Anda, itu gambar apa? itu adalah mikrograf (gambar yang diambil melalui mikroskop) sel bakteri Streptococcus pyogenes (berwarna kuning) yang berada di permukaan sel darah putih/neutroil (berwarna biru).

Berdasarkan jumlah sel penyusunnya, apakah Streptococcus pyogenes tersebut termasuk organisme uniseluler atau multiseluler?

Berdasarkan keberadaan membran inti sel, apakah bakteri termasuk organisme prokariotik atau eukariotik?

Gambar tersebut  merupakan hasil pemindaian mikroskop elektron (Scanning Electron Microscope/SEM) (https://phil.cdc.gov/details.aspx?pid=10068). Penggunaan SEM untuk mengamati bakteri menjadi pilihan para ilmuwan di laboratorium riset. Dapatkah kita memperoleh visualisasi gambar Streptococcus pyogenes dengan resolusi gambar seperti Gambar di atas  jika melakukan pengamatan menggunakan mikroskop cahaya? Mengapa demikian?

Bagaimana jika objek pengamatan kita adalah sel hewan dan sel tumbuhan, apakah struktur sel dan organel sel dari sel hewan dan sel tumbuhan dapat kita amati dengan jelas menggunakan mikroskop cahaya? Mengapa demikian?

Untuk mengetahui jawabannya, ayo lakukan Kegiatan berikut !

Kegiatan Inti :

Aktivitas 1.

Kita tahu bahwa semua organisme terdiri atas sel. Diketahui bahwa ada berbagai jenis organisme, namun demikian komponen dasar sel yang membentuk organisme relatif sama. Apa komponen dasar yang dimiliki sel tersebut? Selain itu, ukuran sel, yang disebut sangat kecil (mikroskopis), adalah karakteristik lain yang umumnya terkait dengan sel. Apakah begitu? Untuk menjawab rasa ingin tahumu, ayo cermati gambar berikut !

Gambar 1.2 menunjukkan perbandingan kisaran ukuran objek pengamatan (mulai dari atom sampai dengan pohon pinus raksasa), alat untuk mengamati objek yang diamati (mikroskop elektron, mikroskop cahaya, dan mata), serta satuan unit pengukuran. Setelah Anda mengamati Gambar 1.2, coba diskusikan hal-hal berikut dengan anggota kelompokmu!

1. Objek pengamatan yang tidak dapat diamati menggunakan mikroskop cahaya,adalah….

2. Objek pengamatan yang dapat diamati tanpa menggunakan mikroskop, adalah….

Jika Anda telah menemukan jawaban dari masalah tersebut, tuliskan jawabannya pada buku anda masing-masing. Presentasikan jawaban kelompok Anda pada saat diskusi kelas!

Untuk menguji pemahaman Anda tentang kisaran ukuran sel organisme, coba kerjakan Latihan berikut secara mandiri!

Aktivitas 2.

Kerjakan tugas berikut dengan bekerja sama bersama kelompok belajarmu!

Sitologi menjadi salah satu ilmu yang semakin penting di abad ke-21. Mengapa sitologi menjadi salah satu cabang ilmu biologi yang semakin penting? Untuk mengetahuinya, Anda dapat membaca artikel terkait hasil penelitian di bidang sitologi.

Untuk membaca detail artikel ini silahkan Anda mengakses tautan: https://bit.ly/pemeriksaansitologi

Artikel tersebut meng informasi kan bahwa beberapa peneliti di Indonesia mengaplikasikan konsep di bidang sitologi untuk mendeteksi kanker secara dini.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat berdasarkan artikel tersebut!

1. Tuliskan judul artikel yang Anda baca dan sumber artikelnya!

2. Setelah membaca artikel tersebut, menurut Anda apakah para peneliti menggunakan satu metode atau beragam metode ketika melakukan penelitian di bidang sitologi?.

3. Lakukan aktivitas ini dengan teman-teman dalam kelompok Anda. Kemukakan jawaban kelompok Anda pada saat diskusi kelas!

Penutup :

Rumuskan Kesimpulan anda :

…………………………………………………………………………

Refleksi diri :

1.Apa yang anda dapatkan dari kegiatan belajar kali ini ?

2.Apa yang anda rasakan selama dan setelah melakukan kegiatan belajar kali ini ?

3.Apa yang anda pikirkan saat ini ?

4.Apa yang akan anda lakukan setelah ini ?

Sumber Pustaka :

1.Buku Panduan Guru Biologi SMA/MA kelas XI Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi 2022

2.Buku Siswa Biologi SMA/MA kelas XI Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi 2022

Posting Komentar

0 Komentar