Pengertian Bioteknologi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat dipengaruhi oleh berkembangnya bioteknologi. Bioteknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Perkembangan bioteknologi sejalan dengan tingginya kebutuhan hidup manusia yang tidak sebanding dengan produksi yang memenuhi kebutuhan tersebut. Di negara maju, bioteknologi mendapat perhatian yang sangat serius dan dikembangkan oleh pemerintah secara intensif untuk memenuhi kebutuhan manusia maupun untuk produksi industri.

Bidang utama yang menjadi perhatian dalam pengembangan bioteknologi adalah pangan, farmasi, pengolahan limbah, dan genetika.

Pengembangan bioteknologi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup manusia.

Bioteknologi merupakan pemanfaatan sistem kehidupan dan organisme untuk mengembangkan dan menciptakan produk baru untuk menghasilkan atau memodifikasi produk atau proses dengan tujuan memperoleh produk yang lebih baik dari segi kualitas maupun kuantitas serta singkat dalam waktu produksi.

https://cdn.britannica.com

Bioteknologi berasal dari kata Bios yang artinya hidup, teuchos yang artinya alat, dan logos yang artinya ilmu sehingga bioteknologi dapat diartikan sebagai cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatkan mahluk hidup maupun produk dari mahluk hidup dalam proses produksi barang dan jasa untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

Primrose mengartikan bioteknologi sebagai penerapan prinsip-prinsip biologi, biokimia, dan rekayasa dalam mengolah suatu bahan dan jasa memanfaatkan organisme hidup dan komponennya untuk menghasilkan barang dan jasa yang bermanfaat bagi manusia.

Office of Technical Assistance (OTA), Amerika Serikat menyatakan bioteknologi sebagai teknik pendayagunaan organisme hidup atau bagian dari organisme tersebut untuk membuat atau memodifikasi produk guna meningkatkan atau memperbaiki sifat tanaman atau hewan.

European Federation of Biotechnology menyatakan bahwa bioteknologi merupakan integrasi dari ilmu pengetahuan alam dan ilmu rekayasa dengan tujuan meningkatkan aplikasi organisme hidup, sel, atau bagian dari organisme hidup untuk menghasilkan barang dan jasa.

Pengertian bioteknologi kemudian berkembang sejak penemuan metode pembuatan DNA rekombinan dan fusi sel sehingga mengarah ke proses bioteknologi modern. Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) mendefenisikan bahwa bioteknologi merupakan penerapan prinsip pengetahuan dan rekayasa untuk penanganan dan pengolahan bahan dengan bantuan agen biologis dalam menghasilkan barang dan jasa yang mendukung pertumbuhan ekonomi.

Pengguanan istilah bioteknologi pertama kali diperkenalkan oleh ilmuwan asal Hungaria, Karl Ereky, pada tahun 1917 untuk menggambarkan interaksi biologi dan teknologi manusia dengan memanfaatkan sistem biologi serta organisme untuk mengubah bahan baku menjadi suatu produk yang berguna bagi masyarakat.

Tonggak sejarah bioteknologi modern dimulai sejak tahun 1928 sejak antibiotik penicilin digunakan oleh Alexander Fleming untuk pengobatan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus hingga pada tahun 1940 penicilin digunakan untuk mengobati infeksi pada manusia. Tahun 1950, antibiotik berhasil ditemukan pada beberapa strain bakteri sehingga produksi skala besar mulai dilakukan untuk mendapatkan berbagai antibiotik untuk kepentingan pengobatan.

Itulah tadi beberapa pengertian Bioteknologi yang pernah disampaikan oleh para ilmuwan dari berbagai negara ataupun organisasi ilmiah.

Berdasarkan informasi tadi, coba anda tuliskan paling sedikit 2 pengertian “Bioteknologi”. 

Posting Komentar

0 Komentar