Kegiatan Pembelajaran 1 : KLASIFIKASI TUMBUHAN

Tumbuhan meliputi semua mahkluk hidup yang memiliki ciri antara lain : bersel banyak (multiseluler) membentuk jaringan sederhana hingga kompleks; sel memiliki dinding sel dari selulosa dan membran inti sel (eukariotik), dilengkapi dengan organel sel bernama plastida yang di dalamnya terdapat pigmen fotosintetik, sehingga mampu melakukan sintesis pembentukan makanan dengan memanfaatkan energi cahaya (fotoautotrof); menyimpan cadangan makanan dalam bentuk amilum/zat tepung/pati; bersifat immotil; sebagian besar anggotanya memiliki struktur akar, batang dan daun. Sebagian besar anggota tumbuhan hidup di darat dan hanya sebagian kecil yang hidup di air. 

Anggota tumbuhan diperkirakan mencapai 391.000 spesies bahkan mungkin lebih. Dimana sebagian besar berupa tumbuhan berbunga. Melihat jumlahnya yang sangat banyak, lalu Bagaimana pengelompokkan tumbuhan dilakukan manusia ?

Ada beberapa macam pengelompokkan pada tumbuhan. Salah satunya yang akan dipelajari di sini adalah berdasarkan alat reproduksi seksualnya.

Berdasarkan alat reproduksi seksualnya, tumbuhan dikelompokkan ke dalam dua kelompok besar yaitu : 1) kelompok tumbuhan berspora (Sporophyta) yang meliputi divisi Bryophyta dan Pteridophyta dan 2) kelompok tumbuhan berbiji (Spermatophyta) yang meliputi divisi Gymnospermae dan divisi Angiospermae.

Tujuan :

Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, anda diharapkan memiliki kemampuan untuk mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya.

Prosedur :

1). Carilah paling sedikit 6 jenis tumbuhan yang berbeda (bisa dipilih 6 diantara 12 gambar/foto di bagian bawah ini ) di sekitar tempat tinggal anda. Jika memungkinkan lengkap dengan bagian-bagian akar,batang,daun,bunga dan buah. Jika tidak, minimal ada daun, batang, bunga kalau ada.

2). Amati keenam species tumbuhan yang telah anda siapkan, atau Cermati gambar berikut ini ! (pilih 6 dari ke 12 gambar yang ada).

3). Identifikasilah ciri-ciri specifik yang dimiliki oleh masing-masing tumbuhan tersebut. Ciri-ciri yang identifikasi antara lain : bagaimana sistem perakarannya ? (serabut atau tunggang); bagaimana pertulangan daunnya? (menyirip/menjari/lurus/sejajar); bagaimana struktur batangnya? (lunak/keras atau lainnya); apakah batangnya bertambah besar atau tidak?; adakah bunga?; apakah menghasilkan biji atau spora ? dan ciri-ciri lainnya yang bisa anda identifikasi.

4). Sajikan hasil identifikasi anda dalam bentuk tabel berikut !

5). Berdasarkan hasil identifikasi anda, tentukan ke 6 tumbuhan tersebut ke dalam divisi yang sesuai dengan ciri-ciri yang mereka miliki !

Kesimpulan :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Sumber belajar :

Buku : Irnaningtyas,2013,Biologi SMA/MA untuk kelas X MIPA,Jakarta,Erlangga

Website/webblog :

https://ebiosma.blogspot.com/2022/02/tumbuhan-paku-ciri-ciri-cara-reproduksi.html

https://ebiosma.blogspot.com/2022/02/ciri-ciri-klasifikasi-cara-reproduksi.html


Posting Komentar

0 Komentar