LKS : Gangguan Pada Saraf Manusia

Coba Anda ingat kembali pada materi pertukaran zat, Anda bereksplorasi melakukan aktivitas fisik untuk mengukur laju pernafasan. Ketika melakukan aktivitas fisik, apakah Anda melakukan pergerakan cepat atau lambat? Apakah Anda bergerak di dalam kelas atau bergerak ke luar kelas?

Sekarang Anda akan mempelajari proses pergerakan yang melibatkan sistem saraf dan sistem gerak yang terjadi pada organ tubuh manusia yang terkoordinasi dengan sempurna dalam aktivitas sehari-hari, dan kelainan serta gangguannya.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa makhluk hidup bergerak?
Pernahkah Anda menggerakkan bagian tubuh Anda, misalnya berolahraga? Tampaknya olahraga banyak berperan dalam tubuh kita, ketika olah raga peran sistem saraf dan sistem gerak bekerja secara harmonis yang merupakan sistem pengatur utama dalam proses pergerakan.

Seperti yang Anda ketahui, otot berperan dalam proses pergerakan, misalnya kontraksi otot rangka yang menggerakan tulang. Proses pergerakan otot dalam tubuh dalam melakukan berbagai fungsi motorik yang dikendalikan oleh sistem saraf secara bersamaan dan konsisten.

Sistem saraf manusia dan hewan memiliki organ dengan bentuk, sifat dan mekanisme yang saling mendukung untuk melakukan tugasnya. Namun ada kalanya, kerja sistem saraf kita mengalami gangguan fungsi.

Apa Gangguan saraf dan pergerakan yang ada kalanya muncul pada orang-orang Indonesia dan dunia pada umumnya ?

Untuk mengetahui salah satunya, Silahkan Anda melakukan kegiatan di bawah ini.

Aktivitas Belajar

Topik :

Saraf Kejepit

Pengantar :

Sekarang Anda akan belajar mengenai gangguan sistem saraf yang tentunya melibatkan proses pergerakan juga, Anda pernah mendengar saraf kejepit? Apa itu saraf kejepit dan bagaimana untuk mengantisipasinya supaya Anda tidak mengalami gangguan saraf kejepit?

Tujuan :

Menjelaskan penyebab, akibat dan upaya mengantisipasi supaya terhindar dari saraf kejepit.

Langkah kegiatan :
1.Bekerjasamalah dengan teman satu meja anda.

2.Silahkan Anda mencari referensi dengan menonton Video di Youtube dengan kata pencarian "saraf kejepit / saraf terjepit".
3.Setelah Anda mendapatkan referensi, tuliskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut:

i. Apa yang menyebabkan saraf kejepit?______________________________________________________________________________________________________________________________________

ii. Bagian apa yang terganggu dalam kondisi saraf kejepit tersebut?_________________________________________________________________________________________________________________________________

iii. bagaimana cara/upaya mengantisipasi agar kita tidak mengalami gangguan saraf kejepit?_______________________________________________________________________________________________________________________________

4.Sajikan hasil selidik anda dalam bentuk yang terbaik yang bisa anda tampilkan (PPT, infografis, gambar, video atau lainnya).

Posting Komentar

0 Komentar