LKS-Gangguan/Kelainan Sistem Pertahanan Tubuh Manusia

Judul :

Gangguan/Kelainan Sistem Pertahanan Tubuh, Permasalahan dan upaya pencegahannya

Tujuan :

Melalui penyelidikan dengan teknik wawancara, siswa mampu menjelaskan  gangguan/kelainan sistem pertahanan tubuh, permasalahannya serta  mampu membuat poster virtual sebagai bentuk partisipasinya dalam upaya mensosialisasikan permasalahan yang berkaitan dengan gangguan/kelainan  sistem pertahanan tubuh kepada masyarakat sekitar.

Langkah-langkah :

Dalam kegiatan kelompok ini, Anda akan melakukan aktivitas mengumpulkan data melalui wawancara secara langsung dengan praktisi kesehatan. Anda dapat menghubungi pusat kesehatan terdekat (misalnya puskesmas atau rumah sakit, tempat vaksinasi atau dokter praktik) di daerah tempat tinggal anda. Pilih salah satu dari tiga topik wawancara berikut!
1. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi Covid-19 di lingkungan sekitar Anda.
2. Kondisi terkini gangguan sistem imun tubuh di masyarakat sekitar Anda.
3. Mitos dan fakta seputar alergi dan langkah efektif mengantisipasinya.

Pastikan Anda terlebih dahulu menyusun daftar pertanyaan yang akan diajukan. Selain itu, buatlah janji atau izin pada pihak yang akan Anda kunjungi, pastikan mereka berkenan menerima kunjungan Anda.

Mengingat tidak sedikit yang perlu disiapkan, maka bekerja samalah dengan baik bersama anggota kelompok anda!

Setelah melakukan wawancara dengan praktisi kesehatan pada Aktivitas ini saatnya Anda menyajikan hasil penggalian informasi yang telah diperoleh dalam bentuk poster. Poster dibuat untuk menginformasikan hal-hal yang perlu diketahui masyarakat terkait topik wawancara yang kelompok Anda pilih.

Poster dibuat dalam bentuk virtual dengan menuangkan ragam kreasi yang dapat Anda lakukan. Tentu tidak semua informasi yang Anda peroleh dalam wawancara dapat Anda tuangkan dalam poster, maka perlu kreativitas dalam mengemas informasi tersebut. Pastikan poster memuat informasi yang jelas, benar, dan dapat dipahami.

berikut contoh laporan hasil penyelidikan (wawancara)

dan berikut ini adalah salah satu contoh poster dimaksud.

Catatan : Topik poster harus sesuai dengan topik yang menjadi obyek penelitian

selamat belajar, bekerjasama. Semoga sukses.

Sumber : Buku Siswa Biologi SMA kelas XI,2022,Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Posting Komentar

0 Komentar