Tujuan :
Siswa mampu merencanakan , melakukan penyelidikan ,
membuat produk makanan dan melaporkan hasil mengaplikasikan pemahaman tentang
transportasi zat
Langkah-langkah
kegiatan :
1).Bacalah
literatur pendukung tentang proses pembuatan manisan dari bahan buah-buahan dan
penelitian-penelitian yang dilakukan terkait pembuatan manisan tersebut. Anda
dapat menggunakan bahan bacaan yang ada di perpustakaan atau menelusuri bahan
bacaan melalui mesin pencari di website yang terpercaya melalui internet.
Berikut
adalah tautan contoh sumber bahan bacaan yang dapat Anda telusuri melalui
tautan: http://ringkas.kemdikbud. go.id/TeknologiPengolahan
Untuk
tautan lain dapat Anda lihat melalui tautan berikut ini:
http://repository.pertanian.go.id/
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPKK/article/view/22155
2).Berdasarkan
penelusuran Anda terhadap literatur yang ada, Jawablah pertanyaan berikut !
a.tahapan
apa sajakah yang harus dilakukan saat pembuatan manisan buah?
b.Apakah
yang menyebabkan buah yang muda menjadi lebih lunak dan lebih manis ketika
diolah menjadi manisan?
3).Berdasarkan
penelusuran literatur yang sudah dilakukan, selanjutnya anda merencanakan
kegiatan penyelidikan tentang proses yang terjadi ketika pengolahan manisan
buah dilakukan.
4).Anda
sudah mengetahui ada faktor-faktor yang memengaruhi proses pengolahan manisan
buah tersebut. Coba jawablah pertanyaan berikut !
a.Apa
sajakah faktor-faktor yang memengrauhi proses pengolahan manisan buah tersebut?
b.Benarkah
terdapat pergerakan zat dari dan keluar dari sel sel penyusun daging buah
tersebut ketika pengolahan manisan buah dilakukan?
5).Sewaktu
di SMP Anda telah mengetahui bahwa jika ingin melakukan aktivitas penyelidikan
terdapat tahapan yang harus dipersiapkan. Jika anda akan melakukan penyelidikan
terkait pengolahan manisan buah basah,
apa
sajakah persiapan yang harus disiapkan?
Variabel
apa sajakah yang harus Anda amati?
Bagaimana
Anda akan menyelidikinya?
6).Selanjutnya,
bersama-sama dengan teman satu kelompok :
1.
Rancanglah penyelidikan bersama dengan teman dalam satu kelompok Anda di kelas.
2.
Diskusikan dan konsultasikan rencana penyelidikan yang akan Anda lakukan dengan
Bapak/Ibu Guru di kelas.
Berikut
contoh tabel rencana penyelidikan yang dapat Anda gunakan!
Tabel 2.1 Rencana Penyelidikan
7).Setelah
Anda menyusun rancangan penyelidikan dan mendapat masukan dari guru Anda,
lakukan penyelidikan Anda. Penyelidikan dapat Anda lakukan di laboratorium
sekolah dengan bimbingan guru. Selanjutnya diskusikan !
a.Bagaimana
hasil penyelidikan Anda?
b.Apakah
yang Anda pahami dari hasil penyelidikan Anda terkait konsep transpor zat?
c.Apakah
benar transpor zat melintasi membran plasma/membran sel penting untuk
organisme?
8).
Sampaikan temuan Anda dalam diskusi kelas!
9).
Buatlah laporan hasil penyelidikan kelompok Anda secara tertulis!
0 Komentar