LKPD-Produk Makanan Berbasis Transportasi Zat

Tujuan :

Siswa mampu  merencanakan , melakukan penyelidikan , membuat produk makanan dan melaporkan hasil mengaplikasikan pemahaman tentang transportasi zat

Langkah-langkah kegiatan :

1).Bacalah literatur pendukung tentang proses pembuatan manisan dari bahan buah-buahan dan penelitian-penelitian yang dilakukan terkait pembuatan manisan tersebut. Anda dapat menggunakan bahan bacaan yang ada di perpustakaan atau menelusuri bahan bacaan melalui mesin pencari di website yang terpercaya melalui internet.

Berikut adalah tautan contoh sumber bahan bacaan yang dapat Anda telusuri melalui tautan: http://ringkas.kemdikbud. go.id/TeknologiPengolahan

Untuk tautan lain dapat Anda lihat melalui tautan berikut ini:

http://repository.pertanian.go.id/ https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPKK/article/view/22155

2).Berdasarkan penelusuran Anda terhadap literatur yang ada, Jawablah pertanyaan berikut !

a.tahapan apa sajakah yang harus dilakukan saat pembuatan manisan buah?

b.Apakah yang menyebabkan buah yang muda menjadi lebih lunak dan lebih manis ketika diolah menjadi manisan?

3).Berdasarkan penelusuran literatur yang sudah dilakukan, selanjutnya anda merencanakan kegiatan penyelidikan tentang proses yang terjadi ketika pengolahan manisan buah dilakukan.

4).Anda sudah mengetahui ada faktor-faktor yang memengaruhi proses pengolahan manisan buah tersebut. Coba jawablah pertanyaan berikut !

a.Apa sajakah faktor-faktor yang memengrauhi proses pengolahan manisan buah tersebut?

b.Benarkah terdapat pergerakan zat dari dan keluar dari sel sel penyusun daging buah tersebut ketika pengolahan manisan buah dilakukan?

5).Sewaktu di SMP Anda telah mengetahui bahwa jika ingin melakukan aktivitas penyelidikan terdapat tahapan yang harus dipersiapkan. Jika anda akan melakukan penyelidikan terkait pengolahan manisan buah basah,

apa sajakah persiapan yang harus disiapkan?

Variabel apa sajakah yang harus Anda amati?

Bagaimana Anda akan menyelidikinya?

6).Selanjutnya, bersama-sama dengan teman satu kelompok :

1. Rancanglah penyelidikan bersama dengan teman dalam satu kelompok Anda di kelas.

2. Diskusikan dan konsultasikan rencana penyelidikan yang akan Anda lakukan dengan Bapak/Ibu Guru di kelas.

Berikut contoh tabel rencana penyelidikan yang dapat Anda gunakan!

Tabel 2.1 Rencana Penyelidikan

7).Setelah Anda menyusun rancangan penyelidikan dan mendapat masukan dari guru Anda, lakukan penyelidikan Anda. Penyelidikan dapat Anda lakukan di laboratorium sekolah dengan bimbingan guru. Selanjutnya diskusikan !

a.Bagaimana hasil penyelidikan Anda?

b.Apakah yang Anda pahami dari hasil penyelidikan Anda terkait konsep transpor zat?

c.Apakah benar transpor zat melintasi membran plasma/membran sel penting untuk organisme?

8). Sampaikan temuan Anda dalam diskusi kelas!

9). Buatlah laporan hasil penyelidikan kelompok Anda secara tertulis!

Posting Komentar

0 Komentar