LKS : Jenis-jenis Bioteknologi

Pengantar :

Dalam sejarah perkembangan bioteknologi, aplikasi bioteknologi telah dilakukan oleh manusia sejak 6000 tahun yang lampau di wilayah Babylonia, dan 4000 tahun yang lalu di Mesir manusia yang mengenal bioteknologi.

Sehingga pada akhirnya muncullah istilah bioteknologi kuno/tradisional/konvensional dan bioteknologi modern.

Apa itu bioteknologi konvensional dan apa pula itu bioteknologi modern ? Apa perbedaan kedua jenis bioteknologi ini ?

Ayo cari tahu …..

Judul :

Bioteknologi Konvensional VS Bioteknologi Modern

Tujuan :

Setelah melakukan kegiatan berikut, diharapkan siswa memiliki kemampuan untuk menjelaskan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern, serta menjelaskan perbedaan keduanya.

Prosedur :

1).Buatlah kelompok dalam kelas anda ( satu kelompok terdiri atas maksimal 2 orang ).

2).Bersama-sama dengan teman dalam kelompok, bacalah dengan cermat informasi berikut ini !

Proses pembuatan Tempe

Tempe merupakan salah satu produk bioteknologi yang sudah dikenal sejak jaman dahulu. Proses pembuatan tempe sangat mudah, menggunakan bahan dan peralatan sederhana. Perhatikan tahapan proses pembuatan tempe berikut :

Bagan 51.1.Tahap-tahap pembuatan tempe kedelai

Proses Pembuatan Insulin

Bioteknologi produksi Insulin ini dilakukan dengan memanfaatkan jasa Escherichia coli melalui suatu teknologi yang disebut dengan rekayasa genetic menggunakan peralatan modern. Adapun tahap-tahap rekayasa genetic dalam pembuatan insulin adalah  sebagai berikut :

Bagan 51.2.Tahap-tahap rekayasa genetic dalam produksi Hormon Insulin

Diskusi :

Berdasarkan informasi di atas diskusikan persoalan/pertanyaan berikut !

1).Pembuatan tempe dan hormone insulin menerapkan bioteknologi dalam prosesnya. Namun keduanya mempunyai perbedaan dalam hal prinsip dan konsep yang mendasarinya. Apa perbedaan antara proses pembuatan tempe dengan pembuatan hormon insulin ?

2).Dari kedua proses bioteknologi tersebut ( pembuatan tempe dan pembuatan insulin ) manakah yang merupakan contoh bioteknologi konvensional dan mana yang bioteknologi modern ? jelaskan jawaban anda !

3).Apa yang dimaksud dengan bioteknologi konvensional dan apa yang dimaksud dengan bioteknologi modern ?

4).identifikasilah beberapa contoh produk bioteknologi berikut ini, dalam hal : bahan mentah, agen biologi, prinsip yang mendasarinya, produk/jasa yang dihasilkan, manfaatnya dalam kehidupan.

-tapai ketan-yoghurt-vaksin covid-19, antibodi monoklonal, bibit tanaman kultur jaringan-hewan transgenik-keju swiss-kecap-

Tulis hasil diskusi anda dalam selembar kertas, kumpulkan pada guru nda

Posting Komentar

0 Komentar