Apakah di Lambung dan di rongga mulut ada enzim Lipase ?

Selama ini , kita mengenal (tahunya) Lipase merupakan sejenis enzim yg mengkatalisis pemecahan molekul lemak diproduksi oleh kelenjar pankreas. 

https://res.cloudinary.com

Namun tahukah anda bahwa di lambung dan bahkan juga di rongga mulut ada enzim yang berperan dalam pencernaan molekul lemak (lipid) ?

Yuk kita simak penjelasan berikut.

Pada cairan lambung terdapat 3 jenis enzim yaitu pepsin, renin, dan lipase. Di dalam lambung, protein dan lemak dihidrolisis sebagian, oleh enzim tersebut. (Dikutip dari buku berjudul "Fisiologi Hewan" karya "Dr. Darmadi Goenarso)

Lipase bisa mereaksikan lemak jika lemak sudah bereaksi dengan getah empedu .sehingga lemak berubah menjadi emulsi lemak

Lipase dari pankreas masuk ke lambung baru ketemu dengan emulsi lemak dan mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

Lemak yang ada dalam makanan adalah lemak netral, yang dikenal sebagai trigliserida. Molekul trigliserida ini tersusun atas inti gliserol dan rantai samping tiga asam lemak. 

Awalnya, sejumlah kecil trigliserida dicerna oleh enzim lipase menjadi asam lemak dan 1,2-diasilgliserol di rongga mulut, enzim tersebut disekresikan oleh kelenjar Ebner pada permukaan dorsal lidah dan ditelan bersama dengan saliva. 

Enzim tersebut menjadi sangat aktif pada keadaan asam, yaitu ketika memasuki antrum lambung. Selain itu, lambung juga mensekresikan lipase untuk mencerna trigliserid menjadi asam lemak dan gliserol. 

Pencernaan dengan enzim dari rongga mulut dan lambung ini tidak dominan, hanya 10% dari seluruh pencernaan yang akan terjadi dan kurang berpengaruh terhadap pencernaan lemak itu sendiri. Pencernaan lemak paling banyak dan utama terjadi di usus halus. Selain itu, lipase yang paling efektif mencerna lemak dihasilkan oleh pankreas.

Emulsifikasi lemak dimulai dari pencampuran makanan dengan enzim-enzim pencernaan di dalam lambung. Setelah masuk ke dalam duodenum, pankreas mulai mensekresikan garam empedu dan fosfolipid protein. Keduanya memecahkan gumpalan lemak menjadi ukuran yang sangat kecil, sehingga nantinya enzim lipase yang larut air dapat mencerna gumpalan lemak tersebut.(Guyton & Hall, 2008). 

Demikian penjelasan mengenai keberadaan enzim lipase pada lambung dan rongga mulut. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar