Pengantar
Tumbuhan berbiji
atau Spermatophyta terdiri atas dua divisi yaitu Angiospermae (tumbuhan berbiji
terbuka) dan Spermatophyta (tumbuhan paku). Reproduksi merupakan proses perkembangbiakan atau pembentukan individu baru pada suatu tumbuhan dalam rangka
menjaga kelangsungan keturunan spesiesnya. Proses reproduksi dapat ditempuh
melalui cara seksual (generatif) maupun aseksual (vegetatif). Reproduksi seksual menghasilkan keturunan baru melalui
perpaduan gamet dari kedua tetuanya. Hal ini menyebabkan keturunan yang dihasilkan
akan memiliki sifat genetik yang bisa berbeda dengan tetuanya. Sedangkan
reproduksi secara aseksual menghasilkan individu baru tanpa perpaduan sel-sel
kelamin, sehingga individu baru yang dihasilkan akan mewarisi sifat genetika
yang identik dengan tetuanya (kecuali jika terjadi mutasi).
Bagaimana reproduksi seksual pada
tumbuhan Gymnospermae dan Angiospermae berlangsung, apa perbedaannya ?
Tujuan :
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran
melalui pendekatan saintifik , anda diharapkan akan memiliki kemampuan untuk
menjelaskan tahapan reproduksi seksual pada tumbuhan berbiji serta menjelaskan
perbedaannya.
Sumber Belajar :
Buku : Irnaningtyas,2013,Biologi SMA/MA
untuk kelas X MIPA,Jakarta,Erlangga
Website :
ebio
SMA: Angiospermae : Ciri-ciri, Klasifikasi dan peranannya
ebio
SMA: Gymnospermae : Ciri-ciri, Klasifikasi dan Peranannya dalam Kehidupan
Prosedur :
1. Cermati gambar daur hidup tumbuhan angiospermae
berikut !
3. Cermati gambar daur hidup tumbuhan gymnospermae
berikut !
4. Ceritakan dengan kalimat anda sendiri bagaimana daur hidup tumbuhan gymnospermae pada umumnya, ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Berdasarkan kedua gambar tadi, coba anda pikirkan apa perbedaan antara reproduksi seksual tumbuhan gymnospermae dengan tumbuhan angiospermae ? Sajikan dalam bentuk tabel ! ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kesimpulan :
Apa yang bisa
anda simpulkan ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
0 Komentar