LKS : Respirasi Seluler (Respirasi Aerob dan Respirasi Anaerob)

Pengantar :

Mahkluk hidup mampu melakukan berbagai aktivitas kehidupan karena mereka memiliki energi dalam bentuk ATP. Energi ini diperleh dari bahan makanan yang mereka konsumsi, setelah melalui proses pencernaan bahan makanan terrsebut terdegradasi menjadi zat makanan yang siap untuk diubah menjadi energi.

Pembentukan energi (ATP) dari zat makanan tersebut terjadi melalui proses yang dinamakan katabolisme (katabolisme karbohidrat), yang kemudian dikenal dengan istilah respirasi. Karena prosesnya berlangsung di dalam sel, maka proses ini sering disebut dengan istilah respirasi seluler.



Berdasarkan butuh tidaknya oksigen dalam prosesnya, respirasi dibedakan menjadi dua macam yaitu : 1. Respirasi aerob, dan 2. Respirasi anaerob.

Tentu anda masih ingat persamaan reaksi kimia respirasi aerob kan ? dan juga respirasi anaerob ?

Proses Respirasi sel berlangsung melalui beberapa tahapan. Misalnya respirasi aerob berlangsung dalam 4 tahapan, yaitu : glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, daur krebs dan rantai transpor elektron.

Proses apa saja yang berlangsung pada setiap tahapan tersebut ? dan apa bedanya respirasi aerob dengan respirasi anaerob ?

Untuk mengetahui jawabannya, lakukanlah kegiatan berikut !

Topik :

Respirasi Seluler (Respirasi aerob dan Respirasi anaerob)

Tujuan :

Mendeskripsikan tahapan dalam respirasi aerob, serta perbedaan antara respirasi aerob dengan respirasi anaerob dan menyajikannya dalam bentuk tabel.

Prosedur :

1).Tonton dengan cermat video ini atau baca buku biologi SMA kelas XII Erlangga halaman 68-75, atau baca melalui link https://ebiosma.blogspot.com/2023/10/tahapan-respirasi-aerob.html. Atau sumber lain yang relevan.

2).Buatlah :

a. Tabel perbandingan antara 4 tahapan respirasi aerob,

b. Tabel perbandingan antara respirasi aerob dengan respirasi anaerob

3).Kerjakan dalam buku anda masing-masing

Posting Komentar

0 Komentar