LKS-Gangguan/Kelainan pada Transportasi dan Pertukaran Zat

PENGANTAR

Ada 2 nikmat yang seringkali dilalaikan oleh kebanyakan manusia. Dua nikmat itu adalah nikmat sehat dan waktu senggang,  hal ini sejalan dengan sabda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, yang artinya, “Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang/waktu luang”(HR.Bukhari)

Tubuh yang sehat atau sakit merupakan karunia Allah. Tugas manusia hanya berikhtiar/berusaha menjaga tubuh kita agar tetap sehat sebagai wujud rasa syukur kita atas kesehatan yang dikaruniakan pada kita.

Secara biologi, kondisi tubuh yang sehat merupakan hasil dari proses fisiologi yang berjalan baik. Namun demikian, kondisi sehat ini tidak selalu terjadi sesuai dengan apa yang diinginkan manusia.

Gangguan dan kelainan dapat terjadi baik karena faktor internal (contohnya, penyakit genetik atau keturunan) maupun faktor eksternal (contohnya, infeksi mikroorganisme). Sejumlah masalah kesehatan berkaitan langsung dengan terganggunya proses pertukaran dan transpor zat di dalam tubuh.

Bagaimana cara kita menjaga agar tubuh terhindar dari kelainan / penyakit / gangguan tersebut ?

TOPIK :

Kelainan pada Pertukaran  dan Transpor Zat

TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa memiliki kemampuan untuk membuat karya dan mengomunikasikan hasil penyelidikan terkait tipe kelainan pada proses transport dan pertukaran zat melalui poster digital

PROSEDUR KEGIATAN

1. Bentuklah kelompok pasangan ( 2 orang )

2. Lakukan studi kepustakaan melalui buku, website, video dan lainnya terkait dengan kelainan atau gangguan pertukaran dan transport zat pada manusia. Anda bisa menggunakan sumber belajar melalui link berikut https://ebiosma.blogspot.com/2024/02/bahan-ajar-kelainan-pada-pertukaran-dan.html

3. Pilihlah satu tipe gangguan/ penyakit yang terkait dengan gangguan pada pertukaran zat di dalam tubuh!

4. Rumuskan dalam kelompok bagaimana langkah untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut yang berkaitan dengan gaya hidup sehat!

5. Sajikan hasil diskusi anda dalam bentuk poster virtual!

6. Kumpulkan karya anda melalui link berikut https://bit.ly/kirimposter-kelainan-tranporzat

Atau melalui qr-code ini (silahkan scan QR-code)


Contoh poster virtual

Catatan : Ukuran file  yang diunggah/dikirim usahakan di bawah 10 MB

Posting Komentar

0 Komentar