Perubahan Lingkungan

Dalam UU No. 23 tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan mahkluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahkluk hidup lainnya.

Lingkungan memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan dari alam ataupun aktivitas manusia sehingga kondisinya menjadi selalu seimbang secara alamiah.

Kriteria lingkungan dikatakan seimbang (equilibrium) adalah :

Pertama, terdapat pola-pola interaksi (arus energi, daur materi, rantai makanan/jaring-jaring makanan, priramida ekologi, daur biogeokimia dan produktivitas) yang berlangsung secara proporsional.

Kedua, lingkungan homeostasis yaitu mampu mempertahankan terhadap gangguan alam maupun gangguan mahluk hidup (termasuk manusia).

Ketiga, pertumbuhan dan perkembangan organisme berlangsung secara alami sehingga tidak ada organisme yang mendominasi terhadap organisme lainnya.

Keempat, daya dukung lingkungan. Yaitu kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung peri kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

lingkungan alami dan lingkungan yang mengalami gangguan

Keseimbangan lingkungan dapat terganggu jika terjadi perubahan lingkungan berupa pengurangan fungsi komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan terputusnya rantai makanan dalam ekosistem.

Faktor penyebab terjadinya perubahan lingkungan dibedakan menjadi 2 macam, yaitu : faktor alam dan faktor manusia.

Faktor alam, antara lain gempa bumi, gunung meletus, kemarau, banjir, tsunami, air pasang (rob).

Gunung meletus
menjadi salah satu penyebab perubahan lingkungan

Faktor manusia, antara lain pembakaran dan penebangan hutan, pembangunan kawasan industri dan pemukiman, penambangan liar, sistem pertanian monokultur, penggunaan pestisida, penggunaan pupuk kimia dan lain sebagainya.

pembangunan jalan tol
merubah beberapa kawasan hutan

Faktor manusia menjadi faktor penyebab terjadinya perubahan lingkungan yang terbesar, namun sebetulnya lebih bisa dikendalikan jika manusia bijak dalam mengelola lingkungan hidup.

sumber : 

-Irnaningtyas,2022,IPA Biologi untuk SMA/MA kelas X,Jakarta,Penerbit Erlangga.

-https://assets-a1.kompasiana.com/items/album/2021/12/23/images-128-61c4358a06310e33c9117e43.jpg

Posting Komentar

0 Komentar