LKS : Teori Evolusi Darwin dan Lamarck

Pengantar :

Pada waktu mempelajari pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup seperti tumbuhan , kita lihat bahwa sebelum mencapai kesempurnaan mereka mengalami proses perubahan yang berlangsung ste by step dalam waktu yang “tidak sebentar”.

Dalam biologi proses perubahan seperti ini, merupakan bagian dari proses evolusi mahkluk hidup. Apa itu evolusi ?

proses di mana populasi organisme mengalami perubahan genetik dari generasi ke generasi, yang mengakibatkan terjadinya perubahan pada sifat-sifat fenotipik (seperti bentuk, perilaku, dan fungsi) dari organisme tersebut.

Apa itu Teori evolusi ?

kerangka konseptual yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana spesies-spesies organisme mengalami perubahan dari waktu ke waktu, serta hubungan antara spesies-spesies tersebut

ada banyak ilmuwan yang mengajukan pandangannya mengenai evolusi.

Dua ilmuwan yang pandangannya mengenai evolusi banyak diperbincangkan adalah CR.Darwin dan JB.Lammark

Pertanyaan ?

Bagaimana pendapat mereka mengenai evolusi ?

Apa pendapat anda mengenai kedua teori tersebut ?

Untuk mengetahui jawabannya, ayo lakukan kegiatan berikut ini dengan sungguh-sungguh baik secara mandiri maupun kelompok.

Judul :

Teori Evolusi Darwin VS Teori Evolusi Lamarck mana yang benar ?

Tujuan :

Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, anda diharapkan memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan teori evolusi Darwin dan teori evolusi Lammark serta mengemukakan pendapatnya sebagai hasil evaluasinya terhadap kedua teori tersebut dan menyajikan hasilnya dalam bentuk karya digital

Prosedur :

1-Cermati kedua gambar berikut !

Gambar 1. Ilustrasi evolusi leher jerapah menurut teori evolusi Darwin

Gambar 2. Ilustrasi evolusi leher jerapah menurut teori evolusi Lamarck

2-anda yang duduk di sebelah kanan silahkan fokus pada Darwin, sedang yang duduk di sebelah kiri silahkan fokus pada Lamarck. Kemudian Buatlah deskripsi pandangan Darwin dan Lamarck (sesuai fokus anda) menggunakan kata-kata anda sendiri.

3-setelah selesai, coba anda ceritan/bagikan apa yang telah anda pelajari tadi kepada pasangan anda secara bergantian.

4-setelah itu, berdiskusilah anda dengan pasangan anda (kiri-kanan) untuk mengevaluasi kedua teori tersebut. Hasil evaluasi Bisa menyangkal keduanya, bisa mendukung salah satu, bisa mendukung keduanya. Yang penting memiliki argument yang bisa diterima secara ilmiah. Konfirmasikan dengan guru anda.

5-Buatlah karya digital (ppt,canva,infografis,video dll) terkait pemahaman dan pandangan anda terhadap teori evolusi yang ada.

6-Kumpulkan karya anda melalui link ….https://bit.ly/produk-infografis-teori-evolusi

7-Salah satu kelompok mempresentasikan karya mereka di hadapan teman-temannya

Posting Komentar

0 Komentar